Oleh : Muhamad Redho al-Faritzi
(Pelajar PPI 27 Situaksan Bandung)
1.
Keutamaan :
a. Lebih baik dari dunia dan seisinya
وَعَنْهَا عَنِ النبيِّ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم
قَالَ: رَكْعَتاَ الفَجْرِ خَيْرٌ مِنَ الدُّنيَا وَمَا فِيْهَا
Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha,
ia menyatakan, “Dua rakaat shalat Sunnah Fajar lebih baik daripada dunia dan
seisinya.”
وَفِي رِوَايَةٍ: “لَهُمَا أَحَبُّ إِليَ مِنَ الدُّنْيا
جَمِيْعاً
Dalam riwayat lain disebutkan, “Dua
rakaat shalat Sunnah Fajar lebih aku sukai daripada dunia semuanya.”[1]
b.
Sangat dijaga oleh Rasulullah saw
عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عنْهَا، أَنَّ النَّبِيَّ
صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ لاَ يَدَعُ أَرْبعاً قَبْلَ الظُّهْرِ،
ورَكْعَتَيْنِ قبْلَ الغَدَاةِ
Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha,
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallamtidak pernah meninggalkan empat raka’at qabliyah
Zhuhur dan dua raka’at qabliyah Shubuh. [2]
وَعَنْهَا قَالَتْ: لَمْ يَكُنِ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ, عَلَى شَيْءٍ مِنَ النَّوَافِلِ أشَدَّ تَعَاهُدَاً مِنهُ
عَلَى رَكْعَتَي الفَجْرِ
Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha,
ia menyatakan, “Tidak ada shalat yang Nabi shallallahu ‘alaihi wa
sallamsangat perhatikan selain dua raka’at qabliyah Shubuh.” [3]
مَا رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- فِى شَىْءٍ مِنَ النَّوَافِلِ أَسْرَعَ مِنْهُ إِلَى الرَّكْعَتَيْنِ قَبْلَ الْفَجْرِ
“Aku tidaklah pernah mendengar
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengerjakan salat sunnah yang lebih
semangat dibanding dengan salat sunnah dua raka’at sebelum Fajar” (HR. Muslim
no. 724).
2.
Ketentuan :
a.
Dianjurkan untuk meringkas bacaannya
كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي رَكْعَتَيِ الْفَجْرِ فَيُخَفِّفُ، حَتَّى
إِنِّي أَقُولُ: هَلْ قَرَأَ فِيهِمَا بِأُمِّ الْقُرْآنِ؟
“Rasulullah saw
dahulu salat sunnah fajar (qobliyah shubuh) dengan diperingan. Sampai aku
mengatakan apakah beliau di dua raka’at tersebut membaca Al Fatihah?” [4]
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم قَرَأَ فِى
رَكْعَتَىِ الْفَجْرِ (قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ) وَ (قُلْ هُوَ اللَّهُ
أَحَدٌ)
“Sesungguhnya Rasulullah
shallallahu ‘alaihi wa sallam membaca ketika salat sunnah qobliyah shubuh surat
Al Kafirun dan surat Al Ikhlas” [5]
b.
Jika tidak sempat shalat sunnahnya sebelum shubuh, maka dianjurkan untuk
shalat setelah shalat shubuh
مَنْ لَمْ يُصَلِّ رَكْعَتَيِ الفَجْرِ فَلْيُصَلِّهِمَا
بَعْدَ مَا تَطْلُعُ الشَّمْسُ
“Barangsiapa yang belum
melaksanakan shalat dua raka’at fajar, maka hendaklah mengerjakannya setelah
matahari terbit.” [6]
خَرَجَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ، فَأُقِيمَتِ الصَّلَاةُ، فَصَلَّيْتُ مَعَهُ الصُّبْحَ، ثُمَّ
انْصَرَفَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَوَجَدَنِي أُصَلِّي،
فَقَالَ: مَهْلًا يَا قَيْسُ، أَصَلَاتَانِ مَعًا ، قُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ،
إِنِّي لَمْ أَكُنْ رَكَعْتُ رَكْعَتَيِ الفَجْرِ، قَالَ: فَلَا إِذَنْ
“Rasulullah shallallahu
‘alaihi wa sallam keluar (dari rumah), lalu iqamah pun dikumandangkan. Aku
shalat subuh bersama beliau. Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam
berlalu, dan menjumpai sedang shalat. Rasulullah bersabda, “Wahai Qais!
Bukankah Engkau shalat (subuh) bersama kami? Aku menjawab, “Iya, wahai
Rasulullah. Sesungguhnya aku tadi belum mengerjakan shalat sunnah dua raka’at
fajar.” Rasulullah bersabda, “Kalau begitu silakan.”[7]
[1] Shahih Muslim bab istihbab rak’atai solat al-Fajr wal-hatsu ‘alaihima
No. 725
[2] Shahih al-Bukhari bab ar-Rak’atain qabla ad-Dzuhr No. 1182
[3] Bulughul-maram bab solat at-Thathawu’ No. 355
[4] Shahih Muslim bab istihbab rak’atai solat al-Fajr wal-hatsu ‘alaihima
No. 724
[5] Shahih Muslim bab istihbab rak’atai solat al-Fajr wal-hatsu ‘alaihima
No. 726
[6] Sunan at-Tirmidzi, Hal. 287 No. 423
[7] Sunan at-Tirmidzi, Hal. 284 No. 422
0 Komentar